Mata Kuliah

  1. Pengantar Ilmu Kehutanan

Sejarah perkembangan kehutanan di Indonesia. Ruang lingkup kegiatan, organisasi dan peraturan perundangan kehutanan. Azas keleslarian hasil dan manfaat ganda hutan. Peranan kehutanan dalam pembangunan nasional dan keterkaitannya dengan  ector lain. Pendidikan dan penelitian kehutanan sebagai profesi dan badan-badan internasional dalam kehutanan. Penerbitan dan Pustaka Kehutanan.

  1. Prinsip Silvikultur

Membahas tentang definisi lahan dan tanah, memahami kualitas karakteristik lahan, inventarisasi sumberdaya lahan, sistem klasifikasi kapabilitas dan kesesuaian lahan serta memahami bagaimana mengevaluasi lahan hutan.

  1. Ilmu Tanah Hutan

Membahas tentang definisi tanah, proses pembentukan tanah, sifat fisik dan sifat kimia tanah, klasifikasi tanah,   definisi tanah hutan, proses pembentukan tanah hutan, sifat fisik dan kimia tanah hutan, siklus hara dalam hutan, dinamika hara hutan alami dan hutan tanaman, pengelolaan produktivitas tanah hutan.

  1. Ekologi Hutan

Klasifikasi hutan di Indonesia sewa ekologis. Pohon hutan dan lingkungannya (autekologi). Hutan sebagai masyarakat tumbuhan (sinekologi). Suksesi hutan. Produktifitas ekosistem hutan. Analisis vegetasi hutan.

  1. Dendrologi

Definisi dan kegunaan dendrologi, identifikasi, penyidikan daun, percabangan, kulit batang, bunga, buah, arsitektur pohon, tata nama, klasifikasi, eksplorasi botani, deskripsi famili-famili penting dalam bidang kehutanan, tinjauan singkat tentang vegetasi dan flora.

  1. Ilmu Perlindungan Hutan

Membahas tentang tujuan, fungsi dan manfaat perlindungan hutan terhadap berbagai jenis gangguan oleh hewan, tumbuhan, keadaan fisik-kimia alam dan gangguan yang disebabkan oleh manusia berupa perambahan kawasan hutan, perladangan berpindah, penebangan secara tidak terkendali dan kebakaran akibat kelalaian maupun disengaja

  1. Kebijakan & Peudang-undangan Kehutanan

Dasar politik kehutanan dan perkembangannya, manajemen hutan yang baik, implementasi kebijakan politik kehutanan di Indonesia, perundang-undangan cli jaman penjajahan dan setelah kemerdekaan, aparat pemerintah &lam bidang kehutanan, peraturan-peraturan undang-undang,

  1. Survey & Pemetaan

Definisi dan kegunaan ilmu Geodesi & Kartografi terutarna di bidang kehutanan, peralatan geodesi, alat material pemetaan, cara-cara pengukuran di lapangan dan  peta, teknik dan prosedur pemetaan, penggunaan potret udara untuk pemetaan, otomatisasi kartografi dan cara penggandaan peta.

  1. Teknik Silvikultur

Memahami ruang lingkup SHA dan karakteristik hutan tropis, perkembangan Sistem silvikultur dan aspek-aspek yang mempengaruhi terbentuknya suatu  ystem silvikultur dasar dan hal-hal yang berkaitan dengan TPTI, mengenal beberapa system silvikultur yang ada di Indonesia.

  1. Agribisnis

Mata kuliah agribisnis membahas kajian  egara agribisnis baik dari sisi makro (Peran dan prospek agribisnis dalam perekonomian  egara) maupun dari sisi mikro (manajemen agribisnis : produksi, teknologi, resiko, pemasaran, keuangan, SDM dan kelembagaan)

  1. Rancangan Percobaan

Membahas tentang Pengertian dan Ruang Lingkup Perancangan Percobaan, Rancangan Acak Lengkap (RAL), Rancangan Acak Kelompok (RAK), Rancangan Bujursangkar Latin (RBL), Percobaan Faktorial, Rancangan Petak Terbagi (RPT), Analisis Regresi Berganda.

  1. Pemuliaan Pohon

Pendahuluan, Uji spesies, Uji Provenan, Uji Progeny, Seleksi Pohon Plus, Produksi Benih, Pengujian Genetik, Pola Perkawinan, Kebun Benih, Perhutanan klonal Pembangunan Tanaman Uji, Karakter dan Variasi.

  1. Agroforestry dan Pengelolaannya 

Membahas tentang konsep dasar agroforestry, klasifikasi agroforestry, Agroforestry dalam praktek, produktivitas agroforestry, Interaksi antar komponen, dan aspek – aspek silvikultur pendukung agroforestry. Selain itu, juga dibahas peran agroforestry dalam  ocial ekonomi  dan budaya masyarakat. Kuliah juga diisi dengan contoh-contoh penelitian dalam agroforestry untuk memberikan gambaran aplikasi akademis agroforestry.

  1. Ilmu Penyakit Hutan

Sejarah ilmu entomologi dan patologi hutan, Definisi Hama Hutan, Klasifikasi Hama Hutan, Klasifikasi Kerusakan oleh Hama Hutan, Hama penggerek daun, Hama penghisap pucuk, pengendalian mekanik, Pengendalian fisik, Pengendalian kimiawi, Pengendalian biologis, konsep pengendalian hama terpadu (PHT).

 

  1. Biometrika Hutan

Membahas tentang definisi biometrika hutan, ruang lingkup, dan penggunaan Biometrika Hutan dalam bidang ilmu kehutanan terutama memahami teknik pengukuran hasil hutan berupa kayu yang umum digunakan di Indonesia

  1. Penafsiran PU & GIS

Membahas tentang kegiatan pemanfaatan informasi potret udara dan sistem informasi geografik bagi kepentingan kehutanan.

  1. Ekonomi Lingkungan

Batas dan lawas kegiatan ekonomi, batasan dan lawas ekonomi kehutanan. Kehutanan sebagai kegiatan ekonomi, hubungan ekonomi dasar terhadap ekonomi kehutanan. Kehutanan dalam ekonomi perusahaan, konsumsi hasil hutan dan jasa, perrnintaan hutan dan jasa, produksi dan pengolahan hasil hutan, ekonomi lahan hutan, kapita selekta meliputi ekonomi kehutanan Indonesia dan peranannya di dunia dan bagi pembangunan negara, pemasaran kayu dan permasalahan.

  1. Evaluasi Pro. Pemb. Khtn

Evaluasi Proyek Pembangunan Kehutanan merupakan salah satu aspek dalam mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan bidang kehutanan. Sehingga dalam materi ini ruang lingkup/scope yang akan dibahas adalah evaluasi proyek baik di tingkat perencanaan maupun di tingkat pelaksanaan proyek-proyek pembangunan hutan.

  1. Ekologi Kuantitatif

Mata ajaran ini membahas  able  yang berlangsung dalam, ekosistem secara ekologis dengan penggunaan pendekatan kuantitatif. Beberapa mata ajaran lain melandasi pemahaman ekologi kuantitatif, yaitu matematika,  able tic, ekologi umum, ekologi populasi, dinamika populasi, materi ekologi kuantitatif meliputi : pola pencemaran, pengambilan contoh, model dispersal, parameter-parameter populasi dan metode penyusunan  able kehidupan (life table), model binomial, model poisson, model dimensi niche ekologi.

  1. Inventarisasi Hutan

Sejarah perkembangan inventarisasi hutan, petak ukur, pelaksanaan inventarisasi hutan,  ITSP (Inventarisasi tegakan sebelum penebangan), ITT (inventarisasi tegakan tinggal).

  1. Evaluasi Kesesuaian Lahan

Membahas tentang definisi lahan dan tanah, memahami kualitas karakteristik lahan, inventarisasi sumberdaya lahan, sistem klasifikasi kapabilitas dan kesesuaian lahan serta memahami bagaimana mengevaluasi lahan hutan.

  1. Teknologi Benih

Faktor-faktor yang mempengaruhi benih, kemunduran benih, dormansi, pengepakan, distribusi dan sertifikasi. Penyimpanan benih, proses perkecambahan dan uji viabilitas benih.

  1. Fisiologi Pohon

Fisiologi Pohon merupakan mata kuliah lanjutan dari Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan yang garis besar materinya terdiri dari: Definisi tentang pertumbuhan dan perkembangan pohon dengan kajian produk dari proses fisiologi di dalam pohon yang dibudidayakan. Pemahaman tentang hubungan fotosintesis dengan transpirasi, hubungan fotosintesis dengan respirasi dan cakupannya dengan aktivitas tumbuh dan dormansi. Pengertian tentang pertumbuhan diawali dengan proses perkecambahan, pembibitan dan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan  egetative. Perkembangan tanaman merupakan tahapan yang diawali dengan fase inisiasi pembungaan, pertumbuhan bunga dan mekarnya bunga (full-bloom), pembentukan buah (fruit-set), pembesaran buah sampai dengan panen dan pasca panen. Translokasi asimilat, hubungan “Source-Sink”, Zat Pengatur Tumbuh dan Pewarisan sifat Genetik.

  1. Manajemen Hutan

Memperkenalkan dan menjelaskan kepada mahasiswa tentang tindakan dan pengambilan keputusan untuk mengelola hutan dengan tetap mempertimbangkan prinsip kelestarian. Dengan mempelajari Manajemen Hutan mahasiswa mampu mengembangkan suatu pemikiran kritis dan tindakan yang dilakukan dalam pengelolaan hutan secara lestari.

  1. Teknologi Hasil Hutan

Teknologi Hasil Hutan mempelajari macam-macam cara pengolahan (teknologi) hasil hutan. Termasuk didalamnya mengetahui dasar-dasar ilmunya serta penerapan teknologinya.

  1. Ekonomi Sumberdaya Hutan

Ekonomi Sumberdaya Hutan merupakan salah satu aspek dalam mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan bidang kehutanan. Sehingga dalam materi ini ruang lingkup/ scope yang akan dibahas adalah segi ekonomi dari kegiatan yang terdapat dibidang kehutanan, mulai dari saat awal investasi sampai dengan pemasaran hasil.

  1. Ergonomi

Pendahuluan, Metode Peningkatan Produktivitas Kerja, Penelitian Kerja (Waktu dan Gerakan Kerja), Metode Pengukuran Waktu dan Prestasi/Produktivitas Kerja, Sistem Pengupahan, Sumberdaya Manusia dalam Dunia Kerja, Manajemen SDM, Motivasi Kerja, Pekerja dan Lingkungannya, Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

  1. Kepariwisataan Alam

Membahas tentang pengertian ekowisata secara spesifik, dengan pendalaman mulai dari identifikasi potensi atraksi, perencanaan  dan pengembanga berdasarkan kebijakan atau peraturan yang berlaku sehingga diperoleh metode pemasaran yang tepat  terhadap potensi kawasan yang mempunyai prospek untuk pengembangan ekowisata.

  1. Pengelolaan DAS

Penjelasan mengenai daerah aliran sungai dan kaitannya dengan konservasi DAS, teknik motode dan inventarisasi pengumpulan informasi kondisi DAS, motode konservasi kawasan DAS, analisis dan pemetaan kawasan DAS dalam rangka pengelolaan DAS.

  1. Metode Penelitian

Pendahuluan; Berpikir Ilmiah; Proposal/Usulan Penelitian; Pengujian Hipotesis; Metode Sampling; Metode Pengumpulan Data; Analisis Korelasi & Regresi Linier Sederhana; Analisis Korelasi & Regresi Berganda; Pengukuran; Penyusunan Daftar Pertanyaan.

  1. Pemanenan Hasil Hutan

Pendahuluan,  Perencanaan Pemanenan, Penebangan, Penyaradan (Minor Transportation), Pengangkutan (Major Transportation), Analisa Biaya Pemanenan Kayu, Pengukuran dan Pengujian Kayu Bulat.

  1. Perencanaan Hutan

Pendahuluan, Rencana Tata Guna Hutan Kesepakatan & Rencana Tata Ruang Wilayah Propinsi, Rencana Pengaturan Kelestarian, Tata Hutan, Dasar-dasar Perencanaan Pengusahaan Hutan, Perencanaan Operasional HPH, Perencanaan Operasional HTI, Perencanaan Tata Hutan dan Prasarana HTI, Perencanaan Operasional Persemaian, Perencanaan Operasional Penanaman dan Pemeliharaan.

  1. Kesuburan Tanah

Kesuburan Tanah merupakan mata kuliah lanjutan dari Ilmu Tanah yang garis besar materinya terdiri dari: Pengertian tentang tanah dan kesuburan tanah, sifat fisik, kimia dan biologi tanah, faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan tanah, kemudian pemupukan, kualitas tanah serta pengelolaan lahan hutan secara berkelanjutan.

  1. Konservasi Tanah dan Air

Membahas tentang definisi dan lingkup KTA, memahami proses terjadinya erosi dan faktor-faktor penyebab erosi, peranan hutan dalam usaha pengawetan tanah, dampak pembangunan terhadap kondisi fisik, kimia dan biologi tanah kemudian pengukuran erosi serta penanganan tanah kritis dan pengelolaan daerah aliran sungai.

  1. Sosiologi Pedesaan

Pengertian sosiologi, definsi sosiologi pedesaan, obyek sosiologi pedesaan , proses-proses social, bentuk-bentuk interaksi social, pengertian dan proses-proses interaksi social dasar, struktur masyarakt desa, komunitas pedesaan.

  1. Klimatologi Hutan

Pengantar tentang atmosfer bumi, radiasi matahari, suhu dan tekanan udara, angin, evapotranspirasi, tipe-tipe iklim serta iklim mikro dalam lingkungan hutan.

  1. Reklamasi lahan

Penjelasan mengenai reklamasi dan lahan, proses pasca tambang, kondisi fisik dan kimia tanah lahan tambang, penanaman dan pemeliharaan tanaman serta teknik pemilihan jenis yang sesuai pada lahan pasca tambang.

  1. Biologi

Konsep biologi dan penggolongan ilmuserta kaitan ilmu biologi dengan kehutanan. Keanekaragaman struktur dan fungsi dalam populasi. Faktor biotic dan abiotik, perkembangbiakan, konsep evolusi, rekayasa genetic dan kultur jaringan.

  1. Statistika

Membahas tentangarti dan prisip dasar statistika, statistika parametric dan non parametric, serta statistika inferensia sesuai dengan bidan ilmu.

  1. Matematika

Mata kuliah iniberprinsip pada review kemampuan mahasiswa terhadap dasar – dasar matematika, seperti: operasi bilangan, persamaan linera, persamaan, kuadrat, fungsi, peluang, vector, diferensial, integral, dll.

  1. Dasar-dasar Manajemen

Pengertian dan konsep dasar manajemen, hakekat manajemen, pengertian adsministrasi, criteria pokok adsministrasi, Seni dan ilmu manajemen, sejarah manejemen sebagai ilmu. Perilaku organisasi, pelaksanaan, pengawasan  (pengendalian).

  1. Kewarganegaraan

Pengantar pendidikan kewarganegaraan, Hak-hak asasi manusia, Hak dan kewajiban warganegara, Bela Negara, Demokrasi, Wawasan nusantara, Ketahana nasional, Politik dan strategi Nasional.

  1. Perhutanan Kota

Mata kuliah ini perhutanan kota membahas tentang definisi, ruang lingkup, sasaran dan tujuan dari perhutanan kota dan perkembanga hutan kota saat ini, membahas tentang bentuk/tipe output yang akan didaoat dalam perhutanan kota, salah satunya adalah analisis luasam hutan kota yang dibentuk pada suatu wilayah/kota.

  1. Keanekaragaman Hayati

Mata kuliah ini membahas tentang definisi ruang lingkup dan perkembangan keanekaragaman hayati. Klasifikasi kehati mencakup semua tentang unsur-unsur biologi diantaranya unsure genetic, sepsis dan ekosistem.

  1. Pengelolaan Kawasan Konservasi

Mata kuliah membahas tentang definisi ruang lingkup dan tujuan dari pengelolaan suatu kawasan konservasi. Diawali dengan pokok bahasan bentuk-bentuk kawasan konservasi beserta komponen flora dan fauna yang ada didalamnya.outpu dari pengelolaan kawasan konservasi berupaa sikap yang tepat. Untuk mewujudkan kelestarian kawasan.

  1. Amdal

Mata kuliah ini membahas tentang define, ruang lingkup dan tujuan pengelolaan geo, bio, fisik suatu kawasan sebagai penunjang, dibahas pula anlisis ekonomi dan kesehatan masyarakat.

  1. Perhutanan Sosial & Konflik SDA

Peranan pengetahuan ekologi lokal dalam perhutanan social, Aspek social ekonomi perhutana social, Praktek-praktek perhutanan soaial di Indonesia, Teknologi perhutanan soaial, Pengembangan kelembagaan pada perhutaan social, Manajemen konflik